Profesi Menarik di PT Pegadaian untuk Dilamar Para Pencari Pekerjaan



KLIKONLINE.NET - Apakah Anda saat ini sudah memiliki pengalaman kerja yang cukup panjang dengan sederet track record yang menarik perhatian HRD? Jika ya, mungkin Anda tidak lagi ingin mencari pekerjaan di level staf, melainkan sudah ingin naik tingkat menjadi seorang manager. Secara garis besar, jobdesc seorang manajer di suatu perusahaan adalah mengelola karyawan yang berada di tingkat bawah dalam suatu manajemen atau divisi.

Salah satu perusahaan BUMN yang cukup besar, yaitu PT Pegadaian memiliki kebutuhan managerial yang besar pula. Profesi dengan level manager pun cukup banyak di sini, sehingga bisa dilirik para calon pencari kerja yang tertantang dengan jobdesc-jobdesc yang berkaitan dengan industri keuangan digital, salah satunya yaitu Manager Data Business.

Kesuksesan kinerja sebuah tim di PT Pegadaian ditentukan pada peran dan kemampuan manajer dalam mengatur pengelolaan talenta maupun pengambilan keputusan strategis yang memberi dampak positif bagi tim agar lebih efisien. Untuk itulah, agar memiliki kapasitas sebagai Manager Data Business di PT Pegadaian, tentunya diperlukan kualifikasi tertentu, seperti memiliki pendidikan minimal S1 di bidang Teknologi Informasi dan yang sederajat, dan pastinya memiliki pengalaman bekerja di bidang Teknologi Informasi minimal 8 tahun, serta telah berpengalaman di posisi yang sama minimal 3 tahun. Hal ini berpengaruh pada kemampuan leadership yang nanti akan diembannya.

Selain itu, seorang Manager Data Business dituntut memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam mendesain, membangun, mengintegrasikan,dan mengelola pemodelan data dari berbagai sumber. Manager Data Business di PT Pegadaian juga harus memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan mining, extraction, data preparation, serta menyusun pemodelan, baik prediktif maupun preskriptif, menggunakan teknik machine learning dan statistik.

Karena berkecimpung di bidang IT, Manager Data Business di PT Pegadaian diharapkan memiliki kemampuan untuk me-generate peluang bisnis dan layanan dari data untuk mencapai sustainability bisnis perusahaan. Tak hanya itu, karyawan yang berposisi sebagai manager perlu memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam implementasi pengolahan data yang besar (Big Data) dan memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam implementasi pemodelan berbasis Machine Learning pada environment cloud seperti AWS SageMaker dan Google Bigquery.

Sebagai gambaran umum mengenai pekerjaan untuk posisi Manager Data Business, yang akan dilakukan atau dikerjakan dalam bidang pekerjaan Manager Data Business ini adalah:

  • Mendesain, membangun, mengintegrasikan, dan mengelola pemodelan data dari berbagai sumber sehingga membentuk ekosistem analisis data yang optimal, mudah diakses, dan sesuai dengan kebutuhan pengembangan bisnis

  • Melakukan mining, extraction, data preparation, serta menyusun pemodelan—baik prediktif maupun preskriptif menggunakan teknik machine learning dan statistika—untuk memperoleh solusi dari masalah bisnis maupun mendukung effective decision making.

  • Menyusun peluang bisnis dan layanan dari data untuk mencapai sustainability bisnis perusahaan

  • Menyusun Rencana Kerja dan anggaran tahunan, melaksanakan Performance Management System (PMS) dan melakukan implementasi pengelolaan manajemen risiko di Unit kerjanya

  • Mengimplementasikan standar etika perusahaan (code of conduct), budaya kerja dan manajemen perubahan pada unit kerjanya

Sebagai pegawai BUMN pada umumnya, seorang manager di PT Pegadaian juga akan ada beberapa benefit yang dirasakan selain gaji pokok, seperti tunjangan, asuransi kesehatan, BPJS, dan lainnya.

Tidak berbeda dengan proses rekrutmen staf biasa, proses rekrutmen Pegadaian untuk posisi manager tetap dilakukan secara transparan, bahkan masyarakat bisa mencari dan mendapat informasi dengan lengkap mengenai rekrutmen PT Pegadaian dengan mengunjung halaman https://www.pegadaian.co.id/karir. Adapun proses yang dilakukan juga melalui beberapa tahapan umum, seperti seleksi administrasi (berkas lamaran), online assessment (psikotes), wawancara, tes kesehatan (MCU), on the job training, maupun seleksi lain yang diperlukan sesuai kebutuhan.

KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel