3 Penyebab Pompa Air Tidak Mengeluarkan Air Meski Mesin Berjalan Normal

3 Penyebab Pompa Air Tidak Mengeluarkan Air Meski Mesin Berjalan Normal


KLIKONLINE.NET - Masalah paling umum yang dialami oleh sebuah mesin pompa air adalah mesin pompa air yang hidup tetapi airnya tidak dapat keluar. Yang menjadi penyebab masalah tersebut sangatlah banyak dan dapat dianalisa dengan menggunakan cara cara sederhana. Terjadinya masalah ini bisa saja dialami oleh pemasangan unit mesin baru ataupun pompa yang sudah digunakan sejak lama. Pada intinya jika mesin pompa kondisinya masih dapat menyala normal dalam arti putaran dinamonya tidak menandakan jika telah terjadinya masalah seperti berat, lambat, ataupun melemah, dan bahkan tidak mengeluarkan suara bising atau berisik, maka untuk dapat mengatasi service pompa air yang tidak keluar adalah dengan melakukan 3 poin pemeriksaan

Ada 3 poin penyebab pompa air tidak mengeluarkan air meski mesin berjalan normal diantaranya yaitu :

1. Ketersediaan Air Untuk Dihisap Tidak Mencukupi

Jika ketersediaan air yang ada didalam sumur tidak cukup untuk dihisap, maka sudah pasti akan terhentinya air untuk mengalir dari mesin pompa meski mesin menyala dengan normal dan dalam kondisi yang baik baik saja. Untuk bisa mengetahui ketersediaan air didalam sumur, caranya sangat mudah yaitu dengan memasang stop kran pada saluran keluar kemudian ketika dihidupkannya pompa.Setelah itu kran secara perlahan dibuka mulai dari bukaan kecil hingga terbuka dengan penuh.

Jika kemampuan air mengalir sangat minim pada saat bukaan kecil, dan air justru berhenti pada saat kran dibuka penuh, maka ini sudah pasti jika yang menjadi penyebab dari masalah pompa air tersebut adalah tidak tersediannya air yang cukup didalam tanah.

2. Tidak Sesuainya Spesifikasi Pompa

Tetapi jika sumber air yang tersedia didalam sumur volumenya mencukupi, maka terjadinya air yang tidak keluar itu bisa disebabkan oleh tidak sesuainya spesifikasi pompa misal contohnya sumur dengan kedalaman 30 meter dan pompa dipaksa dipasangkan dengan daya hisap hingga 9 meter.Oleh karena itu sangat penting untuk bisa memahami dengan benar spesifikasi unit mesin pompa air. Sebagai contoh untuk jenis sumur yang dangkal dengan kedalaman total mulai dari permukaan tanah hingga dasar sumur adalah sekitar 12 meter dan level air mulai dari dasar hingga batas permukaan airnya adalah sekitar 5 meter. Supaya lebih aman cobalah pipa hisap ini dibenamkan didalam air dengan kedalaman sekitar 3 meter. Dengan menggunakan perhitungan pemasangan diatas maka akan dapat diantisipasinya debit sumber air yang aman dan juga untuk tetap menjaga tetap maksimalnya kinerja unit mesin pompa.

3. Tidak Benarnya Pemasangan Pipa Hisap

Pada saat pipa hisap terpasang terlalu kedasar sumur sehingga beresiko akan terbenam kedalam lumpur atau kotoran endapan sumur sehingga akan tersumbatnya foot valve. Kesalahan lain pada pemasangan pipa hisap adalah masih adanya kebocoran atau sambungan yang tidak tepat sehingga tidak akan adanya daya vakum pipa, sehingga menyebabkan meski mesin pompa air hidup tetapi air tetap tidak akan bisa keluar.

Itulah 3 poin penyebab pompa air tidak mengeluarkan air meski mesin berjalan normal. Jika pompa air mengalami masalah sehingga terganggunya aktivitas karena air tidak bisa keluar, maka diperlukannya jasa service pompa air yang dipercaya sehingga pompa air dapat berfungsi atau berjalan dengan baik lagi sehingga kebutuhan dasar akan air didalam sebuah rumah tangga tidak akan terganggu lagi.

KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel