Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Telinga Berdenging



KLIKONLINE.NET - Kuping berdenging bisa terjadi tidak hanya pada orang dewasa saja, anak kecil pun bisa terjadi. Dalam dunia medis, kuping berdenging dikenal dengan istilah tinnitus. Gejala yang dirasakan yaitu merasakan sensasi kuping berdenging baik satu sisi ataupun keduanya. Bunyi dengunan dapat terdengar secara singkat atau secara terus-menerus dengan tingkat volume yang berbeda-beda. Telinga berdenging mempunyai beberapa penyebab yang umumnya seperti kotoran, efek obat dan lainnya. Nah jika kamu mengalami hal yang sudah disebutkan tadi, ada baiknya kamu mengetahui penyebab telinga berdenging.


1. Kotoran Telinga yang Menumpuk

Penumpukan kotoran di telinga bisa menjadi penyebab utama telinga berdengung sebelah ataupun keduanya. Kotoran pada telinga yang menumpuk dapat kemampuan mendengar berkurang dan timbulnya dengungan. Hal tersebut bisa terjadi karena ada udara yang masuk kedalam telinga sehingga menjadi tersumbat dan susah keluar dengan begitu akan muncul bunyi dengungan. 2. Konsumsi Obat-obatan

Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama, hal ini bisa memicu telinga bisa berdenging. Karena mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan telinga berdenging. Sebaiknya kurangi mengkonsumsi obat-obatan dan jika sedang dalam pengobatan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tersebut.

3. Aliran Darah Tidak Lancar

Jika kamu mengalami gangguan pada aliran darah, hal ini juga dapat memicu gangguan pada telinga. Untuk menjaga aliran darah dalam tubuh selalu lancar, coba lah untuk selalu rutin olahraga minimal dua kali seminggu.

4. Minuman Beralkohol dan Berkafein

Hindari minuman beralkohol karena selain merusak organ dalam tubuh, alkohol dapat memicu telinga berdenging. Selain alkohol, minuman yang mengandung kafein seperti kopi juga bisa menyebabkan masalah pada alat pendengaran.

Cara Mengobati / Mengatasi Telinga Berdengung

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab telinga berdengung, jangan panik. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut untuk menguranginya:

1. Hindari Suara Terlalu Keras

Seperti pembahan yang sudah disebutkan di atas, jika kamu suka mendengarkan musik saat belajar atau bekerja usahakan volume suara musik jangan terlalu keras. Kamu bisa menyetel volume dengan suara yang kencang namun dalam batas kenyamanan saat telinga mendengar.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Jika mengalami gangguan pada telinga, rutin lah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang baik bagi organ tubuh ini. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin D, asam folat, magnesium serta vitamin C dan vitamin D.

3. Rajin Membersihkan Telinga

Salah satu penyebab yang bisa menimbulkan dengunan pada telinga adalah karena telinga kamu tersumbat kotoran. Maka dari itu rajin lah untuk membersihkan telinga namun jangan terlalu sering karena pada dasarnya organ ini mampu memproduksi minyak untuk membersihkan dari kotoran menempel.

4. Kurangi Stres

Apabila kamu sangat sibuk karena pekerjaan setiap harinya, jangan lupa untuk me-refresh otak agar tidak stres. Atasi stres dengan melakukan hobi atau kegiatan menyenangkan lain di luar kantor.

5. Konsultasikan dengan Dokter

Jika setelah melakukan beberapa cara di atas kondisinya masih sama atau bahkan bertambah buruk, segera periksa ke dokter yang ahli masalah ini. Karena dengan penanganan dokter spesialis THT maka kondisi telinga berdenging mu akan segera sembuh.

Itulah beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi telinga berdenging. Untuk itu sebaiknya jaga kesehatan dan periksakan ke dokter jika telinga berdenging tidak kunjung sembuh dalam waktu 1-3 hari.

KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel