Menangani Luka Dengan Ditutup Kasa



KLIKONLINE.NET - Siapa yang tak pernah terluka. Semua orang, baik itu tua atau muda pasti pernah mendapatkan luka. Bisa jadi luka yang besar atau bahkan hanya luka kecil di betis karena jatuh dari sepeda. Meski banyak yang sudah merasakan kena luka, namun ternyata tak banyak yang tahu secara pasti bagaimana menangani luka.


Sebagian orang memang sudah mengetahui bahwa pertama kali yang perlu dilakukan saat terluka adalah membersihkan luka untuk menghindari terjadinya infeksi akibat kuman yang ada pada luka. Namun, masih banyak yang belum mengetahui sebenarnya yang baik dalam menangani luka apakah dibiarkan terbuka atau harus ditutup kasa.

Cara Menangani Luka

Luka kecil maupun luka besar, harus ditangani dengan tepat, sebab pertolongan pertama pada luka akan menentukan lama penyembuhan luka. Sebab jika luka tersebut tidak diobati atau ditangani dengan baik, bisa-bisa tak kunjung sembuh atau bahkan memburuk karena luka tersebut berubah jadi infeksi.

Yang perlu anda ketahui adalah bahwa ternyata penyebab luka semakin parah ialah karena cara perawatan yang salah. Biasanya orang-orang cenderung lebih sering mengira bahwa luka harus dibuat kering dan diangin-anginkan agar cepat sembuh, itulah alasan utama mengapa banyak dari mereka yang memilih untuk tidak menutup luka dengan kasa.

Padahal sebenarnya, anda harus menjaga luka tetap lembab dengan tujuan agar luka tersebut bisa cepat sembuh.

Beberapa langkah yang bisa anda lakukan pada saat pertolongan pertama pada luka misalnya seperti menghentikan perdarahan dengan menahan langsung pada luka. Ingat, pastikan alat yang digunakan dalam kondisi bersih. Anda bisa juga menggunakan plester yang banyak dijual di apotek.

Pilihlah obat luka tidak lengket di kasa. Memberi obat pada luka bisa anda gunakan setelah membersihkan luka dengan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan kuman yang mungkin ada pada luka.

Anda bisa juga menjahit atau plester luka Anda jika memang luka yang didapat cukup besar. Namun, untuk luka yang lebih besar lagi, pastikan bertanya pada dokter atau merujuk di rumah sakit terdekat untuk diberikan penangan yang lebih professional.

Memperban luka dengan kasa juga menjadi salah satu pencegahan terjadinya infeksi pada luka anda. Selain itu, anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkapnya di https://www.guesehat.com/.

KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel