5 Hal yang Menyebabkan Tuli pada Pendengaran



KLIKONLINE.NET - Pendengaran menurun tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan pendengaran. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari gangguan pendengaran tersebut. Jika tidak segera diatasi, gangguan ini dapat menyebabkan kutulian. Saat mengalami ketulian, Anda akan membutuhkan alat bantu dengar Bandung agar dapat mendengar dengan baik. Berikut beberapa gangguan pendengaran yang dapat menyebabkan ketulian.



1. Tuli kongenital

Tuli konginental merupakan gangguan pendengaran yang muncul sejak lahir. Biasanya tuli kongenital disebabkan oleh infeksi rubela, infeksi meningitis, ataupun berat badan bayi yang terlalu rendah.

2. Infeksi telinga tengah

Infeksi telinga tengah atau otitis media supuratif kronik merupakan peradangan mukosa telinga bagian tengah yang disebabkan gendang telinga berlubang, Gangguan ini biasanya ditandai keluarnya cairan kental dan berbau dari dalam telinga selama lebih dari 2 bulan. Infeksi gangguan telinga ini dapat disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyerang telinga bagian dalam. Selain menyebabkan gangguan pendengaran, infeksi telinga bagian dalam juga dapat menyebabkan infeksi pada otak ataupun syaraf wajah.

3. Usia lanjut

Pendengaran akan mengalami penurunan seiring dengan pertambahan usia. Penurunan akan terjadi secara berangsur-angsur pada kedua telinga. Penurunan pendengaran pada usia lanjut terjadi karena proses degenerasi organ pendengaran, yaitu gendang telinga dan sel rambut koklea. Selain itu, gangguan pendengaran pada usia lanjut juga dapat terjadi karena perubahan pada sistem pendengaran dan batang otak.

4. Tuli karena bising

Tuli karena bising terjadi karena paparan suara keras dalam waktu yang lama. Gangguan pendengaran karena bising biasanya terjadi tanpa disadari. Penurunan pendengaran ini akan mengalami peningkatan setiap tahun. Saat ini, banyak orang yang mengalami tuli karena bising. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya orang yang menggunakan earphone atau headset untuk mendengarkan musik.

5. Kotoran telinga

Kotoran yang menyumbat saluran telinga dapat menyebabkan pendengaran menurun. Sumbatan kotoran ini dapat menyebabkan rasa gatal, nyeri dan tekatan pada telinga. Banyak orang yang membersihkan kotoran dengan tidak benar, sehingga kotoran justru masuk ke dalam telinga. Hal inilah yang menyebabkan gangguan pendengaran yang dapat menyebabkan ketulian.


KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel