4 Alasan Mengapa Bisnis Online Anda Perlu Digital Marketing



KLIKONLINE.NET - Secara langsung maupun tak langsung, Anda pasti sudah merasakan manfaat perubahan digital dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan digital saat ini memberikan peluang yang sangat baik bagi seluruh kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali dalam bidang pengelolaan bisnis.


Dulu kita hanya mengenal promosi dengan media konvensional saja seperti, TV, Radio, atau surat kabar. Kini, hampir semua pebisnis telah memanfaatkan internet untuk promosi, mulai dari blogger, jualan baju, jualan barang-barang industri, jasa design, jasa konsultan pajak, hingga jasa kuli bangunan juga pakai digital marketing.

Nah sebelum berbicara lebih jauh mengenai digital marketing, mari kita ulas dahulu manfaat digital marketing terhadap bisnis online dewasa ini!

Lebih Hemat Biaya

Manfaat digital marketing yang paling bisa Anda rasakan adalah biayanya yang lebih murah dibandingkan yang konvensional seperti TV, Radio, Spanduk, atau yang lainnya sebagai alat promosi. Dengan menggunakan media internet, sesungguhnya Anda akan menghemat biaya yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pemasaran offline.

Contohnya saja, untuk online Anda tidak perlu lagi repot-repot membuat spanduk dalam bentuk printed. Anda cukup mengunggahnya di media sosial dan mengatur harga yang diinginkan.

Digital Marketing Membantu Mendapatkan Leads Dengan Mudah

Digital Marketing membantu para pemilik bisnis untuk mendapatkan data para calon pelanggannya. Bagaimana bisa? Untuk bisnis online, Anda tidak perlu lagi membutuhkan seorang sales yang harus datang ke pelanggan. Di era serba digital saat ini, Anda dapat memanfaatkan social media advertisement mendapatkan data dari calon pembeli.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuat sebuah banner digital dan form yang kemudian Anda unggah pada panel Ads Manager Facebook Anda. Jangan lupa untuk pilih opsi Leads sebagai objektif melakukan iklan.

Iklan ini akan muncul pada beranda pengguna yang memiliki ketertarikan yang sama dengan bisnis yang Anda jalankan. Para pelanggan yang tertarik dengan bisnis Anda akan mengisi data yang kemudian bisa Anda follow up nantinya.

Salah satu konsultan pajak di Jakarta, GP Consult, juga memanfaatkan digital marketing dalam mendapatkan klien. Tetapi channel yang digunakan adalah melalui SEO,e yaitu optimasi ranking website di mesin pencari Google. Jika ada yang mengetik pencarian seperti “jasa konsultan pajak” atau “tax consultant” di Google, maka diharapkan website GP Consult akan muncul di halaman 1 dan dari situ didapatkan lead yang potensial.

Jangkauan Pengguna Lebih Luas

Mungkin banyak dari dari Anda kurang menyadari manfaat satu ini. Faktanya ada lebih dari 140 juta pengguna ponsel pintar di Indonesia. Coba bayangkan jika Anda berhasil mengambil sebagian dari angka tersebut, seberapa efektifnya penggunaan digital marketing terhadap bisnis Anda?

Traffic pengguna ponsel di Indonesia yang sangat tinggi berpotensi sebagai keuntungan yang luar biasa bagi para pengusaha. Penggunaan ponsel yang aktif ini juga terbukti mempengaruhi perilaku mereka dalam berbelanja.

Memudahkan Target Market

Dengan Digital Marketing Anda akan lebih mudah menentukan target pasar Anda. Setiap konsumen Anda memiliki berbagai macam perbedaan, dari jenis kelamin hingga daya beli. Semua hal itu dapat diklasifikasikan agar memudahkan target pemasaran Anda. Dengan Digital marketing, segmentasi pasar akan lebih mudah dijalankan karena anda hanya cukup memilih media sosial atau website yang memiliki kesamaan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Sebenarnya ilmu digital marketing tak hanya bermanfaat bagi bisnis online saja tapi juga bisnis offline. Ketika bisnis Anda sudah mulai berkembang, tentu tak menutup kemungkinan Anda ingin mencoba cara konvensional sebagai metode pemasaran Anda.

Seperti contohnya Berrybenka yang dahulu hanya berbasis website dan berkembang pesat hingga mampu mendirikan offline store di beberapa mall ternama. Analisis pasar adalah salah satu kunci dari berbagai metode pemasaran. Karena ketika Anda menargetkan pasar yang tepat, pasti bisnis Anda akan berkembang dengan pesat.

Referensi:
http://www.datamaya.com


KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel