Mengenal Penyebab Dan Cara Mengatasi Alergi Pada Anak



KLIKONLINE.NET - Alergi pada anak menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang banyak dikeluhkan para ibu. Alergi adalah bentuk reaksi atau respon dari sistem kekebalan tubuh saat terpapar zat asing, entah itu dihirup, disuntikkan, tersentuh, atau bahkan tertelan. Sistem imunitas tubuh kemudian menyerang allergen dan menyebabkan munculnya gejala-gejala alergi pada tubuh. Meskipun umum dialami oleh bayi, namun masih banyak orang tua yang seringkali bingung menentukan penyebab alergi anak dan bagaimana cara mengatasinya. Apalagi reaksi alergi ini bisa serius bahkan dapat membahayakan nyawa. Jadi jangan smapai menyepelekan gejala alergi pada bayi. Alergi pada anak dapat berbeda satu sama lainnya. Dan untuk bisa mengenali penyebabnya, maka penting bagi orang tua untuk mengetahui gejala-gejala alergi yang terjadi.


Jenis Alergi Yang Sering Ditemukan Pada Anak

1. Alergi Pada Kulit

Gejala alergi kulit yang terjadi pada anak biasanya akan terlihat seperti eksim, yaitu dimana bagian kulit tampak terlihat mengering, bersisik, gatal, dan kemerahan. Selain itu gejala alergi pada kulit ini juga bisa berbentuk seperti biduran, dimana kondisi kulit menjadi kemerahan mulai dari titik yang kecil hingga yang lebih besar. Alergi semacam ini bisa disebabkan karena adanya riwayat keturunan alergi dari kedua orang tua ataupun disebabkan karena lingkungan sendiri

2. Alergi Makanan

Rasanya jenis alergi ini yang seringkali dialami oleh anak. Beberapa jenis makanan yang biasanya dapat menyebabkan alergi adalah telur, susu, kedelai, gandum, kacang-kacangan, kerang, ikan, dan berbagai jenis jeruk. Waspadai pula penyebab alergu yang ada di dalam kandungan makanan yang tanpa disadari. Seperti kacangg di dalam sereal maupun kedelai pada kmakan olahan. Biasanya anak yang mengalami alergi terhadap makanan akan mengeluhkan gejala kram perut (diare) yang terjadi secara berulang. Selain itu gejala alergi juga sering diikuti dengan lelah yang berlebihan, sakit kepala, gelisah, hingga gangguan mood. Jika makanan memang menjadi penyebab alergi, maka tunda untuk memberikan makanan yang dapat menyebabkan gejala alergi pada bayi. Untuk lebih jelasnya, mendengar pendapat dokter menjadi saran yang harus anda coba.

3. Alergi Pada Hidung

Biasanya sebagian dokter anak barus bisa mendiagnosis anak menderita alergi pada hidung ketika menginjak usia 4 tahun ke atas. Sebab dibutuhkan cukup waktu bahkan hingga beberapa tahun sebelum anak terdiagnosis alergi. Namun seringkali banyak kasus dimana anak berusia 2-3 tahun mengalami alergi pada sistem pernapasan. Gejala yang umum yang sering dialami saat alergi pernapasan yaitu hidung tersumbat, gatal, dan berair, batuk berulang, sering bersin, mata merah dan berair, bernapas menggunakan hidung saat tidur, dan lainnya Umumnya gejala-gejala ini bisa berlangsug beberapa minggu.

4. Alergi Binatang peliharaan

Kasus alergi lainnya yang sering terjadi pada anak adalah alergi terhadap binatang peliharaan. Jika anda memiliki binatang peliharaan di rumah, hati-hati bisa jadi itulah penyebab alergi pada anak. Sebenarnya pemicu alergi ini disebabkan karena air liur, sel kulit mati, bulu, dan urine yang berasal dari binatang tersebut. Gejala umum yang biasanya terjadi adalah saat anak bersin-bersin ketika maupun setelah bermain dengan binatang peliharaan. Dan sebuah penelitian menunjukkan jika untuk bisa benar-benar menghilangkan pengaruh dari alergi yang disebabkan binatang peliharaan dibutuhkan sekitar 1 tahun setelah binatang peliharaan tersebut tidak berada di sekitar anak.

Jika anda masih bingung menemukan apa yang menjadi penyebab alergi pada anak, maka hal yang paling utama untuk dilakukan adalah memeriksakan anak segera ke dokter. Nantinya dokter akan memeriksa dan mendiagnosis penyebab dari alergi yang dialami anak. Ingat, jangan menganggap alergi adalah hal yang sepele. Sehingga butuh penanganan cepat untuk mengatasi gejala-gejala yang terjadi.


KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel