Sparepart Alat Berat : Jenis dan Fungsi Alat Berat Konstruksi



KLIKONLINE.NET - Sparepart alat berat memiliki peran penting bagi kualitas performa alat berat itu sendiri. Seperti mobil misalnya, kalau spare part yang digunakan berkualitas bagus pasti mobil tersebut juga bisa menunjukkan kualitas yang bagus pula. Apalagi alat berat adalah jenis alat yang membutuhkan tenaga ekstra sehingga kualitas spare part harus sangat dipertimbangkan.


Alat berat banyak dibutuhkan dalam berbagai bidang salah satunya adalah bidang konstruksi atau pembangunan. Kita mungkin biasa melihat alat-alat berat di lokasi konstruksi. Alat-alat berat tersebut membantu proses pembangunan sehingga bisa berjalan lancar. Manusia akan sangat dimudahkan dan diringankan dengan adanya alat-alat berat ini.

Ada banyak jenis alat berat yang bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Setiap jenis alat berat memiliki fungsi spesifik dan tidak bisa digantikan oleh alat berat lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis alat berat serta seperti apa fungsinya bagi proses pembangunan atau konstruksi.

Jenis Alat Berat

Bagi masyarakat umum yang tidak bekerja di bidang konstruksi mungkin tidak tahu nama-nama alat berat dan apa fungsinya. Kali ini kita akan berbagi sedikit informasi tentang jenis-jenis alat berat yang mungkin sering Anda lihat atau temukan di lokasi konstruksi. Berikut adalah beberapa jenis alat berat dan fungsinya :

1. Bulldozer

Nama alat berat yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar. Bulldozer merupakan alat berat yang biasa dipakai untuk mengolah lahan. Alat ini berfungsi mendorong tanah. Ada dua jenis bulldozer yang biasa digunakan yaitu bulldozer dengan roda kelabang atau crawler tractor dozer dan bulldozer dengan roda karet atau wheel tractor dozer.

2. Motor Scraper

Motor scraper adalah jenis alat berat yang digunakan pada lokasi tanggul atau lereng. Alat berat ini digunakan untuk memotong lereng bendungan. Selain itu, motor scrapper juga biasa digunakan untuk menggali tanah yang berlokasi di antara bangunan beton.

3. Excavator

Excavator adalah salah satu jenis alat berat yang juga sering digunakan di lokasi-lokasi konstruksi. Excavator digunakan untuk menggali tanah. Namun, alat berat yang satu ini juga bisa digunakan sebagai alat pengangkut. Hanya saja jika digunakan sebagai alat pengangkut, excavator tidak bisa bekerja untuk jarak yang jauh.

4. Mobile Crane

Mobile crane merupakan salah satu alat berat yang digunakan untuk mengangkut material konstruksi. Sesuai dengan namanya, alat berat ini bisa berpindah tempat dengan mudah. Hanya saja, alat ini hanya bisa digunakan di darat dan biasa dipakai untuk mengangkut serta memindahkan material konstruksi.

Itulah tadi beberapa jenis alat berat yang biasa ditemui di lokasi konstruksi. Semua alat berat ini membutuhkan spare part yang berkualitas. Spare part alat berat yang baik dibutuhkan agar alat berat bisa bekerja dengan lancar dan tidak membahayakan keselamatan para pekerja di sekitar lokasi konstruksi.



















KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel