Tips Merawat Bayi Yang Baik dan Benar Pada Usia 3 Bulan Pertama



KLIKONLINE.NET - Merawat bayi memang tidak mudah karena memerlukan perhatian dan kasih sayang yang ekstra besar, apalagi bagi ibu muda yang baru pertama kali melahirkan, perbedaan kebiasaan yang dibawa semasa masih masa lajang dan masa hamil tidak bisa dibandingkan dengan pasca melahirkan. Untuk itu adanya peran orang tua atau anggota keluarga lain yang lebih berpengalaman menjadi salah satu bantuan yang sangat berharga, karena tanpa pertolongan mereka rasanya akan sulit bagi seorang ayah atau ibu yang baru saja melahirkan untuk langsung mengurus berbagai kebutuhan dan perlengkapan bayi.

Sebagai ayah dan ibu muda, setidaknya Anda harus mulai belajar memahami dan mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh sikecil. Sebagai contohnya, misal mulai belajar kapan waktu yang tepat untuk mengganti popok atau kapan sikecil harus diberi ASI. Tanggung jawab besar ini bukan hanya harus ditanggung oleh sang ibu tapi juga oleh Ayah, meskipun penat dan lelah setelah seharian bergelut dengan kesibukan kerja mau tidak mau harus ikut belajar memahami dan menyediakan kebutuhan sikecil, terutama pada awal-awal kelahiran. Pada usia satu minggu pertama hingga perkembangan bayi usia 2 bulan 2 minggu umumnya ibu yang baru melahirkan kondisinya masih belum stabil, disinilah peran sang ayah untuk membantu meringankan pekerjaan sang ibu.

Untuk membantu belajar memahami kebutuhan sang bayi, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan, terutama ketika usia bayi masih dalam tahap tiga bulan pertama:

Meluangkan Waktu Untuk Pemulihan

Rentang beberapa hari setelah melahirkan menjadi salah satu momen yang paling krusial, pada masa ini kondisi sang ibu masih belum stabil karena masih dalam proses pemulihan rahim dan pemulihan kondisi psikologis yang diterima pasca melahirkan, disamping itu pada rentang waktu ini kondisi bayi juga butuh perhatian ekstra karena kondisinya juga masih sangat lemah. Sang ibu biasanya menahan rasa sakit dan memilih untuk langsung merawat sikecil, pilihan ini sangat wajar namun alangkah baiknya jika hal ini diimbangi dengan asupan istirahat dan gizi yang cukup agar kondisi fisik cepat pulih.

Jangan Ragu Untuk Minta Bantuan

Naluri orang tua terutama ibu yang baru melahirkan tentu masih was-was jika sesuatu hal terjadi pada sikecil. Kondisi ini membuat ragu-ragu untuk memina bantuan kepada orang lain, padahal dalam masa ini Anda sangat membutuhkan bantuan dari orang lain. Jika Anda tidak cukup percaya dengan suster yang ada dirumah sakit Anda bisa meminta bantuan baik dari orang tua kerabat, maupun sahabat dekat Anda untuk membantu sedikit meringankan beban kebutuhan sikecil.

Ibu mana sih yang tidak merasa kerepotan saat mengurus bayi? Semua pasti butuh proses termasuk merawat sikecil yang baru lahir, jadi jangan tanamkan beban terlalu berat kepada diri sendiri, bukankah fingsi keluarga itu sebagai sebuah Tim yang saling mendukung disaat dibutuhkan? Nikmati saja momen-momen yang ada bersama pasangan dan keluarga karena mereka juga berhak ikut ambil bagian untuk lebih dekat dengan sikecil.

KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel