Tips Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi


Tips Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi


KLIKONLINE.NET - Biang keringat merupakan salah satu permasalahan pada bayi yang sangat umum terjadi, terutama di daerah-daerah beriklim tropis yang memiliki kandungan udara yang panas dan kering, di Indonesia yang daerahnya memiliki iklim tropis biang keringat pada bayi yang baru berusia beberapa bulan memang sangat sering terjadi, apalagi jika kita mencermati budaya masyarakat jawa yang memiliki kebiasaan "menggedong" bayi (menyelimuti seluruh tubuh bayi dengan kain secara rapat, bertujuan agar bayi tetap hangat dan konon agar tulangnya tumbuh dengan lurus) hal ini tentu meningkatkan resiko bayi terkena biang keringat.

Meskipun seringkali terlihat menghawatirkan, namun sebenarnya biang keringat sendiri tidak menimbulkan efek kesehatan yang serius terhadap bayi, seperti halnya biang keringat pada orang dewasa, bayi hanya akan merasakan gatal dan panas yang mengakibatkan bayi suka rewel dan menangis secara terus menerus.

Karena masalah biang keringat ini sudah sangat umum dan sering terjadi sejak jaman dulu, untuk menangani biang keringat pada bayi pun ada bermacam-macam cara sesuai dengan pengalaman di tiap daerah. Di Jawa tengah misalnya, untuk mengatasi biang keringat pada bayi secara tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang tumbuh di sekitar pekarangan rumah, salah atunya yaitu dengan daun krokot atau Portulaca Oleracea, caranya yaitu dengan mengambil segenggam daun krokot kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga air rebusan tersisa sekitar 1 gelas, dan diminumkan ke bayi. Cara ini memang tradisional dan hanya menggunakan bahan alami (daun krokot) yang biasa digunakan oleh sebagian orang sebagai lalapan.

Jika anda merasa khawatir dengan cara meminumkan air rebusan daun krokot pada bayi, masih ada beberapa cara lagi yang bisa dibilang alami dan tidak dengan cara meminumkan pada bayi. Cara tersebut yaitu dengan menyiapkan buah ketimun yang sudah dihaluskan, kemudian buah timun halus tersebut di balurkan ke tubuh bayi yang terkena biang keringat kemudian setelah kira-kira 15 menit baluran buah timun halus tersebut dibersihkan dari tubuh bayi, secara logika kulit bayi yang dibaluri dengan buah timun halus akan menjadi lebih dingin,kandungan nutrisi dari buah timun juga bagus untuk kesehatan kulit dan pori-pori sehingga sisa kotoran yang menghambat pori-pori pada kulit bayi akan ikut ternetralisir bersama dengan buah timun halus tersebut.

Cara-cara tradisional dan alami memang seringkali menjadi pilihan banyak orang, terutama untuk kulit yang masih sensitif seperti kulit bayi. Namun untuk mengatasi biang keringat pada bayi saat ini sudah banyak beredar produk-produk bedak bayi ataupun ramuan alami yang juga cukup efektif dan praktis mengatasi biang keringat pada bayi, terlebih lagi produk-produk tersebut sangat mudah ditemukan, berbeda dengan bahan-bahan alami yang saat ini sangat tergantung pada suplay dan stock di pasar.


Portulaca Oleracea

Sumber: http://www.ibu-hamil.web.id/2015/11/mengatasi-biang-keringat-pada-bayi.html
Disalin dari Ibu-Hamil.web.id, Blog Ibu Hamil Indonesia
KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel