Tips Menentukan Investasi Aman Untuk Masa Depan

Tips Menentukan Investasi Aman Untuk Masa Depan

KLIKONLINE.NET -Memiliki sebuah investasi aman yang terus berkembang bagi saya sendiri merupakan suatu hal yang cukup penting. Mungkin bagi sebagian orang, terutama anak muda masih merasa belum perlu melakukan hal ini, apalagi di tengah masa-masa sulit seperti sekarang ini, sebagian anak muda yang sudah mulai menyusun kehidupan secara mandiri pasti merasakan kalau harga-harga kebutuhan pokok semakin naik, sedangkan penghasilan dari tahun ke tahun rasanya tidak mengalami kenaikan.

Kalau sudah merasa seperti itu, jangankan untuk melakukan investasi untuk menyisihkan sebagian uang bulanan untuk tabungan saja rasanya tidak. Lalu bagaimana cara kita mensiasati kondisi seperti ini?

Salah satu cara agar kita bisa mendapatkan dana tambahan secara terus-menerus yaitu justru dengan melakukan investasi. Kenapa harus investasi? karena dengan kita menyisihkan dana di awal untuk melakukan investasi, maka semakin lama nilai dana yang kita sisihkan untuk investasi tersebut akan semakin bertambah apapun yang terjadi, mungkin kita akan merasa kekurangan dana jatah bulanan pada awal-awal mulai mengeluarkan dana untuk investasi, namun untuk jangka waktu selanjutnya setelah nilai investasi dirasa sudah cukup kita akan kembali lagi dengan anggaran dana seperti sebelumnya.

Dana dari investasi ini pun tidak hilang, meskipun tidak bisa kita gunakan secara langsung, tetapi setidaknya kita sudah memiliki aset berharga yang nilainya akan bertambah seiring waktu berjalan. Bagaimana? anda tertarik untuk mulai melakukan investasi. Tapi, sebelumnya ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mulai mengeluarkan dana untuk investasi, pertama kita harus mengetahui investasi aman atau tidak, kedua kita harus tau jenis investasi yang akan kita pilih dan yang terakhir berapa besar dana yang akan kita keluarkan untuk melakukan investasi.

Di Indonesia ada banyak sekali jenis investasi aman yang bisa kita pilih sesuai dengan minat, kepribadian serta banyaknya dana. Jika sumber dana untuk investasi tidak terbatas, maka saya sarankan untuk menyebar dana di berbagai jenis investasi. Misalnya jika kita mempunyai dana untuk  investasi sebesar 1 Milyar, sebaiknya dibagi minimal menjadi empat bagian masing-masing jenis investasi sebesar 250 juta, untuk memperbesar potensi keuntungan.

Pilihan investasi pertama bisa berupa emas, tidak diragukan lagi nilai jual emas setiap tahun selalu meningkat, meskipun tidak terlalu signifikan, keunggulan lain yaitu nilai emas tidak terpengaruh dengan inflasi dan penurunan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.

Pilihan investasi kedua bisa berupa tanah kosong, sama seperti nilai emas, kebutuhan akan lahan tempat tinggal membuat nilai tanah setiap tahun juga semakin meningkat pesat, investasi tanah sangat cocok untuk investasi jangka panjang, sedangkan investasi emas cenderung lebih fleksibel, sehingga kedua jenis investasi ini saling melengkapi, jika butuh uang cepat misalnya, kita bisa menjual emas tanpa harus menunggu menjual tanah.

Pilihan investasi ketiga yaitu investasi reksadana, saya termasuk salah satu yang tertarik dengan investasi jenis ini, namun sampai sekarang belum sempat membeli reksa dana. Kabarnya, investasi reksadana ini hampir tidak ada resiko dan profitnya lumayan tinggi, jadi tidak ada salahnya jika kita mencoba mengalokasikan dana investasi untuk membeli reksa dana.

Untuk pilihan jenis investasi yang terakhir yaitu deposito, investasi dalam bentuk deposito sudah sangat lazim di kalangan masyarakat Indonesia, meskipun didominasi oleh para pengusaha dan pejabat namun banyak juga dari kalangan menengah yang mulai merasakan manfaat berinvestasi dalam bentuk deposito.

Setelah mempelajari berbagai jenis investasi di Indonesia, sekarang tinggal berapa persen dana yang akan anda alokasikan untuk berinvestasi? tentu semakin banyak akan semakin baik, namun yang lebih bijak yaitu menyesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri.

Menurut saya beberapa hal tersebut adalah dasar-dasar yang cukup penting dan wajib diketahui serta  dipelajari sebelum melakukan investasi, jangan sampai sudah mengeluarkan banyak dana untuk melakukan investasi namun pada akhirnya salah dan tertipu, sehingga bukannya untung pada akhirnya malan jadi buntung.


KlikOnline.net - Teman Dunia Online

Iklan atas artikel

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah artikel